Kamis, 28 Oktober 2010

Motor Listrik AC


Mengingat kembali pelajaran waktu SMP tentang listrik magnet,manakala sebuah partikel bermuatan melewati suatu medan magnet maka partikel tersebut dapat berbelokdengan menggunakan aturan tangan kanan.Partikel yang dimaksud adalah rotor dan medan magnet adalah stator.Rotor dan stator menjadi komponen pertama dalam sebuah motor listrik.
Dalam perkembangannya motor listrik telah berinovasi dalam berbagai bentuk dan fungsi.hampir seluruh pergerakan di dunia industri digerakkan oleh motor, seperti conveyor , vacuum pump kompresor dan lain sebagainya sehingga praktis dengan adanya penemuan motor membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.  
Berikut bagian bagian motor listrik AC

 
 
Secara umum bila dilihat dari konfigurasi wiring nya maka 3 jenis motor
1.Motor 1 phasa dengan 4 wiring
2.Motor 1 phasa dengan 3 wiring
3.Motor 3 phasa
 
Saat berbicara motor listrik maka kita tidak bisa lepas dari yang namanya kapasitor.
Apasih sebenarnya fungsi kapasitor…?
Menurut guru saya kapasitor yang ditempatkan dalam wiring motor listrik mempunyai 2 fungsi yakni
1.Sebagai pemicu gerak pertama motor sehingga saat power kita masukkan motor langsung bisa berputar.
2.Sebagai penyearah putaran motor [ CW atau CCW ]
Apabila dalam sebuah kontruksi motor tidak diberikan kapasitor maka yang terjadi adalah saat power dimasukkan motor tidak bisa langsung berputar serta putaran motor akan bisa bolak balik , saat diberikan pemicu untuk gerak arah CW maka motor akan berputar arah CW dan sebaliknya apabila pertama kali nyala motor di berikan pemicu gerak CCW maka motor akan berputar arah CCW , jadi nanti apabila abang abang menemukan kasus motornya ga bisa berputar langsung ketika dinyalakan bisa jadi kapasitor ini yang bermasalah.
Berikut konfigurasi wiring kapasitor pada motor listrik AC

 
Lalu bagaimana apabila menemukan kasus motor listrik yang mati itu menggunkan kontruksi 4 wiring sedangkan spare motor yang tersedia adalah motor dengan kontruksi 3 kabel..? Ini pertanyaan sekaligus masalah yang sering muncul didunia industri dengan kontrol spare part masih kacau [ ga didaftar kali spare yang seharusnya disediakan…] , buat abang abang teknisi ataupun engineer jangan patah arang apalagi sampai stop line gara gara motor yang sesuai speknya ga ada.
Pada prinsipnya motor dengan kontruksi 4 kabel dengan motor dengan kontruksi 3 kabel itu sama ,bedanya hanya lokasi  jumper  untuk wiring statornya. Untuk motor kontruksi 4 kabel masing masing stator mengeluarkan 2 wiring sedangkan untuk motor dengan kontruksi ada kabel yang telah di jumper didalam motor sendiri sehingga kabel yang dikelurkan hanya 3 buah.jadi untuk mensiasati kasus diatas maka check ke empat kabel yang ada cari kabel yang short bila ditest dengan multitester karena jumlah kabelnya ada 4 maka pasti akan ada 2 group kabel yang short, setelah didapatkan 2 group kable maka ambil masing masing 1 kabel dari group tersebut kemudian jumperkan sehingga didapatkan hasil dari 4 kabel menjadi 3 kabel. Mudahkan….!  

Tidak ada komentar: