Minggu, 07 November 2010

PLC [ Programable Logic Controll ]

Berbagi sedikit mengenai PLC , pengetahuan PLC ini saya dapat dari pengalaman kerja saja rata rata sih otodidak jadi mohon maklum bila tidak mengerti teoritis nya.
Sudah menjadi hal yang familiar kalau setiap mesin dikontrol oleh sebuah PLC,PLC menjadi otak dari setiap aktifitas dan pergerakan mesin, dalam teknologi dewasa ini sudah banyak PLC yang di gabungkan dengan berbagai program PC seperti Visual basic , C++ dan lain sebagainya.
Ada beberapa merk PLC yang pernah saya lihat dan sedikit pelajari [ karena ada di pabrik ] seperti KGL [ brand LG ] , Nais [ brand Panasonic ] dan Mitsubishi.Namun dalam kesempatan ini akan coba kami jelaskan sedikit mengenai PLC KGL.
Secara umum cara kerja dan perintah PLC sama perbedaan hanya pada simbol command. Beberapa command yang ada di PLC KGL diantaranya adalah
P : I/O Relay
M : Auxiliary Relay
L : Link Relay
K : Keep Relay
F : Special Relay
T : Timer
C : Counter
S : Step Controller
D : Data Register
#D : Indirectly Specified Data Register
Constant : Constant
Yang bisa menjadi input relay dalam PLC adalah sensor atau switch , sedangkan yang menjadi output relay adalah lampu , selenoide , buzzer dan lain sebagainya.

Membuka / upload program dari PLC ke PC
Bagaimana urutan membuka/ upload program dari PLC ke PC

1.Double klik KGL WE.exe , maka tampilan akan tampak seperti dibawah ini















2.Pilih Blank Project











3.Pilih type PLC yang akan di buka [ type PLC biasanya tertera di body PLC.
















4.Klik OK , maka akan tampil screen seperti dibawah ini.















5.Klik Connect. Ketika kita salah memilih type PLC maka koneksi dari PC ke PLC tidak akan bisa dan proses upload tidak akan berhasil namun kondisi ini tidak berakibat fatal.hanya akan muncul message yang mencantumkan bahwa type PLC tidak sesuai.


6.Klik Online kemudian Upload.
Untuk menjaga hal hal yang tidak dinginkan maka back up terlebih dahulu setiap upload program , barulah lakukan editing [ mau ditambahi atau mau dikurangi programnya silahkan terserah anada ]

Bagaimana urutan melakukan download program dari PC ke PLC
Setelah melakukan edit program maka langkah selanjutnya adalah mendownload program tersebut ke PLC supaya apa yang telah di edit bisa berjalan di program.
1.Klik icon stop , untuk menyetop kerja PLC
2.Klik Online kemudian down load
3.Klik Icon Run
Atau cara pintas klik Online kemudian baris pertama “connect + download + run + monitor mode”
Contoh aplikasi program PLC








Tidak ada komentar: